Langsung ke konten utama

Spesialisasi dan generalisasi

Spesialisasi
Spesialisasi adalah proses mendesain subgrup didalam suatu entity . Suatu himpunan entitas bisa memiliki suatu subgrup yang berbeda diantara entitas-entitas lain dalam himpunan tersebut. Misalnya suatu sub himpunan entitas dalam suatu himpunan entity bisa memiliki atribut yang berbeda dari entity-entiti lain. Model E-R memiliki fasilitas untuk perbedaan ini.
Contoh : himpunan entitas account memiliki atribut account-number dan balance. Suatu account dapat diklasifikasikan lagi menjadi salah satu dari
- savings-account
- checking-account

Setiap tipe account ini diterangkan dengan himpunan atribut yang termasuk dalam atribut-atribut dari entitas account ditambah dengan atribut tambahan. Contoh entity saving-account diterangkan dengan atribut interest-rate, dan checking-account diterangkan dengan overdraft-amount. Proses spesialisasi mengijinkan pembedaan account berdasarkan tipe account. Account juga dapat dibedakan dengan cara lain, misalkan berdasarkan tipe kepemilikkan menjadi commercial-account dan personal-account. Ketika dalam suatu entitas dibentuk lebih dari satu proses spesialisasi, maka suatu entitas menjadi milik dua spesialisasi tersebut. Misal suatu account bisa merupakan suatu personal account dan suatu checking account. Dalam diagram E-R, spesialisasi dilambangkan dengan komponen segitiga bertuliskan ISA. ISA juga melambangkan hubungan antara superclass-subclass. Entity yang dengan kedudukkan lebih rendah/tinggi memiliki lambang sama.
Generalisasi
Generalisasi adalah proses pendefinisian subclass-subclass yang disatukan menjadi entitas superclass tunggal berdasarkan karakteristik umum.
Contohnya adalah subclass MANAGER, SEKRETARIS dan TEKNISI dapat digeneralisasikan menjadi superclass PEGAWAI berdasarkan atribut umum seperti Nama, Alamat, Tgl-lhr.
Disamping proses desain top-down (dari inisial entitas ke level lebih rendah (subgrup)), desain juga dapat dilakukan dengan proses bottom-up, yaitu banyak entitas disintesiskan menjadi entity yang lebih tinggi berdasarkan kesamaan feature-nya.
Desainer basis data mungkin mengidentifikasi terlebih dulu entitas checking-account dengan atribut account-number, balance dan overdraftamount. Ditemukan juga entity set saving-account dengan atribut account-number, balance dan interest-rate. Terdapat kesamaan antara entitas checking-account dengan entitas saving-account, yaitu keduanya memiliki beberapa atribut yang sama. Persamaan ini dapat diekspresikan dengan generalisasi.


Sumber: http://yuby-idea.blogspot.com/2013/02/pengertian-spesialisasi-dan-generalisasi.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Varian entitas

Varian Entitas Entitas dalam sebuah diagram E-R terdiri dari : a. Entitas Kuat ( Strong Entity ) b. Entitas Lemah ( Weak Entity ) c. Sub Entitas (Sub Entity ) .1.1. Entitas Kuat Entitas yang tidak memiliki ketergantungan dengan entitas lain, entitas yang dapat berdiri sendiri dan memiliki kunci utama ( primary key ). contoh : entitas mahasiswa, dosen dan matakuliah 1.2. Entitas Lemah Entitas yang kemunculannya tergantung pada entitas lain ( entitas kuat ). Dan tidak memiliki atribut yang dapat menjadi kunci ( key ), yang benar-benar dapat menjamin keunikan entitas didalamnya. contoh : untuk melengkapi data mahasiswa maka dilibatkan juga data hobbi dan orang tua.

Varian relasi

Varian Relasi Relasi yang terjadi diantara dua himpunan entitas yang berada disebut sebagai Relasi Biner (Binary Relation), yang merupakan relasi yang paling umum digunakan. Relasi Tunggal (Unary Relation) Relasi tunggal merupakan relasi yang terjadi dari sebuah himpunan entitas ke himpunan entitas yang sama. Relasi Multi Entitas (N-ary Relation) Relasi Multi Entitas merupakn relasi tiga himpunan entitas atau lebih. Benuk relasi semacam ini sedapat mungkin dihindari, karena akan mengaburkan derajat relasi yang ada dalam relasi tersebut Relasi Ganda Relasi Ganda adalah Relasi yang muncul antara dua himpunan entitas tidak hanya satu relasi, tetapi lebih dari satu relasi . Sumber: http://evarahmawidia07.blogspot.com/2009/01/varian-relasi.html?m=1